13 Langkah Simpel Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami Ataupun Dengan Cara Medi

Home Forums Favorite Slashers 13 Langkah Simpel Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami Ataupun Dengan Cara Medi

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by Profile photo of cari genset Anonymous 7 years, 5 months ago.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #6313
    Profile photo of cari genset
    Anonymous

    Timbulnya bekas luka di kulit baik itu pada muka, tangan, dan pada bagian kulit lainnya seringkali jadi yang cukup mengganggu tampilan.

    Tidak cuma Anda saja yang terganggu tentang hal tersebut, bahkan juga orang-orang di lingkungan Anda.

    Bekas luka jika terlihat jelas membuat penampilan kulit menjadi tidak cantik, justru kulit nampak cenderung kotor seperti jarang dibersihkan.

    Bekas luka yang sudah lama dan tak bisa menghilang atau berwarna gelap tentu saja sangat membikin risau. Terlebih bila bekas luka ini terlihat mencolok pada bagian-bagian yang terlihat dari luar, misal kulit muka, kulit leher, atau kulit tangan dan kaki.

    Penyebab bekas luka ini bermacam-macam jenisnya. Misal bekas luka sayatan karena silet, bekas luka akibat panas, bekas luka terkena benda panas seperti tak sengaja menyentuh panci panas, bekas luka sehabis sakit cacar, bekas luka jahitan, luka bekas operasi caesar, bekas luka cakar, bekas luka karena penyakit kulit, bekas noda jerawat, bekas herpes, bekas luka lebam karena benturan, menghilangkan bekas luka exim, dsb..

    Walau nampak sepele, bekas luka dampaknya dirasa sangat besar. Bisa menurunkan kepedean seseorang.

    Sehingga bermacam cara yang dilalui untuk mengatasi hal ini.

    Bahkan sebagian orang rela menghabiskan biaya lebih hanya untuk sekedar menghilangkan bekas luka ini. Misalnya dengan konsultasi ke dokter spesialis atau memakai produk obat spesialis untung menghilangkan bekas luka yang harganya mahal.

    Bahkan ada yang lebih ekstrim lagi yakni dengan melakukan operasi laser maupun bedah. Hal tersebut dilakukan demi menghilangkan bekas luka dan menjadikan kulit mulus kembali.

    Sebenarnya terdapat dua metode menghilangkan bekas luka, yaitu .

    Tapi sebelum Anda coba langkah medis, ada baiknya lakukan perawatan bekas luka secara alami terlebih dahulu, terutama untuk luka yang tidak terlalu berat. Beberapa bahan alami yang bisa Anda terapkan antara lain:

    <b>1. Dengan Memanfaatkan Madu</b>
    Tingginya manfaat madu bagi kulit memang jangan dipertanyakan lagi. Kandungan nutrisi yang sangat kompleks membuatnya sangat terkenal oleh masyarakat. Bukan cuma untuk bagi kesehatan saja, namun juga ampuh dalam hal regenerasi sel kulit baru.

    <b>2. Dengan Jeruk Nipis atau Lemon</b>
    Lemon dan jeruk nipis sebenarnya masih kerabat dengan buah jeruk, tapi buah ini bercita rasa sangat masam hingga tidak banyak orang yang suka. Namun, keduanya sangat ampuh untuk mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan bekas luka.

    <b>3. Memanfaatkan Lidah Buaya</b>
    Selain mempunyaibanyakmanfaat bagi keindahan rambut, tanaman lidah buaya bisa juga Anda jadikan sebagai menghilangkan bekas luka dengan cara alami.

    <b>4. Dengan Memanfaatkan Minyak Zaitun</b>
    Bila dirumah sedang tidak ada madu, Anda bisa coba memanfaatkan olive oil atau minyak zaitun. Minyak zaitun mempunyai segudang manfaat untuk kulit, salah satunya mampu mengangkat bekas luka menahun. Bahkan jika digunakan rutin minyak zaitun bermanfaat dalam menjaga kulit tetap awet muda.

    <b>5. Dengan Memanfaatkan Daun Mint</b>
    Daun mint merupakan salah satu tanaman herbal yang banyak dimanfaatkan untuk pembuatan berbagai jenis produk contohnya pasta gigi, dan obat kumur. Setelah penelitian lebih jauh, dihasilkan fakta bahwasannya daun mint kaya akan kandungan mineral alami yang ampuh untuk mengoptimalkan regenerasi sel kulit yang baru.

    <b>6. Dengan Memanfaatkan Teh Hijau</b>
    Teh hijau sudah tersohor dengan kandungan antioksidan tingginya. Banyak penelitian membuktikan terdapat kandungan antioksidan hingga 200x lipat lebih baik daripada vitamin E dalam pencegahan pembengkakan, melenyapkan bekas luka, dan sebagai perawatan kulit.

    <b>7. Dengan Minyak Biji Pangkal Bunga Mawar</b>
    Minyak biji pangkal bunga mawar berasal dari biji pangkal bunga mawar yang diperkaya dengan kandungan senyawa berkhasiat, termasuk salah satunya yakni bisa mengatasi bekas luka lama. Anda bisa memperoleh minyak tersebut di supermarket terdekat atau apotik.

    <b>8. Dengan Memanfaatkan Mentimun</b>
    Satu lagi bahan yang bagus dalam memudarkan bekas luka pada wajah. Coba buat sendiri masker mentimun yang bermanfaat adalah menghilangkan bekas luka. Dan apabila digunakan secara teratur, mentimun cukup berkhasiat dalam mengontrol minyak berlebih di muka.

    Tapi tidak semua jenis bekas luka yang bisa sirna dengan menggunakan bahan herbal, terlebih bila bekas luka tersebut berukuran besar.

    Nah saatnya Anda beralih ke perawatan secara medis. Berikut berbagai macam perawatan medis yang dapat Anda coba-coba diantaranya sebagai berikut.

    <b>1. Bedah plastik</b>
    Jikalau bekas luka terjadi di muka diakibatkan keloid, maka operasi bedah biasanya akan diterapkan dengan suntik kartikosteroid. Sedangkan untuk bekas luka hipertrofik, tidak akan dikombinasi bersama prosedur lain. Hanya, perlu diketahui bahwa memang operasi bedah cukup efektif dalam mengatasi bekas luka lama, meski berefek akan menimbulkan pembentukan bekas luka baru dari pembedahan.

    <b>2. Suntik kolagen dan kortikosteroid</b>
    Mungkin diantara Anda pernah mendengar istilah suntik kolagen dan kortikosteroid. Suntik ini mempunyai manfaat mengencangkan bagian kulit dan membuatnya awet muda. Selain itu juga dapat menyamarkan bekas luka di muka. Walau langkah tersebut tidak langsung menghilangkan bekas luka semuanya, tapi kemungkinan bisa memperbaiki penampilanmu dengan drastis.

    <b>3. Memakai sinar laser</b>
    Teknologi laser dewasa ini cukup familiar dalam menyamarkan bekas luka. Cara medis ini bisa menghilangkan bekas luka pada wajah juga tempat mana saja secara signifikan. Cuma, tingkat keberhasilan dalam menghilangkan luka itu semua mengacu pada tingkat keparahan bekas luka yang muncul.

    <b>4. Membalut luka</b>
    Langkah medis yang lain yaitu dengan membalut luka memakai bahan yang lentur. Tujuan dari prosedur ini yaitu untuk meratakan dan melembutkan bekas luka. Kebanyakan, cara ini hanya dilakukan untuk menghilangkan bekas luka terbakar yang cukup besar. Namun menggunakan langkah ini akan memakan waktu lama, bisa setengah tahun lebih bisa hingga satu tahun serta balutan tak boleh lepas.

    <b>5. Menggunakan krim atau gel</b>
    Untuk menghilangkan bekas luka karena goresan benda tajam, gel atau salep adalah opsi yang bagus. Biasanya salep penghilang bekas luka yang banyak dijual mengandung bahan steroid, vitamin E, dan silikon. Selain kandungan steroid, dokter juga akan meresepkan krim untuk menghilangkan bekas luka yang mempunyai antihistamin pada bekas luka yang nanti akan menimbulkan efek gatal. Di luaran ada bermacam-macam produk yang manjur dalam menghilangkan bekas luka, cream Meilibahenling misalnya.

    Itulah beberapa langkah mudah bekas luka, baik itu dengan cara alami ataupun secara medis. Yang perlu diketahui ialah sebelum mencoba medis ada baiknya gunakan dulu cara alami minimal sekitar satu sampai dua bulan dengan teratur. Bila tak ada perubahan yang drastis, Anda dapat mencoba satu diantara cara medis diatas.

Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.